Minggu, 15 Januari 2012

Artikel Outbound Training


Outward Bound adalah ide pendidikan inovatif yang di kreasikan oleh Kurt Hahn yang telah bertahan dan berkembang selama lebih dari enam puluh tahun. Fakta ini dapat dikatakan luar biasa karena begitu banyak metode pendidikan yang muncul dan tenggelam selama periode ini.

Apakah karena konsep ini sangat mudah beradaptasi dan dapat diterapkan pada dunia edukasi secara massal atau karena pemikiran dan filosofi dari konsep metode semacam outbound ini adalah abadi dan memiliki daya tarik universal? atau mungkin kedua faktor tersebutlah yang membuat metode ini menjadi populer dan terus berkembang.

Yang jelas Sang Penemu metode Outward Bound atau yang lebih dikenal Outbound Training, Kurt Hahn telah meninggal pada tahun 1974 tetapi pengaruhnya dalam Outward Bound dan inisiatif pendidikan lainnya masih hidup hingga saat ini. Beliau lebih menekankan tercapainya tujuan daripada melatih fokus, dengan menggunakan cara yang sangat fleksibel, beragam dan sangat inovatif. Begitu pula dengan metode Outbound Training, dengan programnya yang boleh dikatakan tidak lazim.

0 komentar :

Posting Komentar